Guru yang berprisif

Seorang guru yang berprinsif memeusatkan kehidupanya dalam proses kegiatan pembelajaran pada prinsif-prinsif utama sesui dengan prinsif yang di kemukakan oleh Covey dalam bukunya yang di kenal dengan “Seven Habits of Highly Efektive People”, dalam buku tersebut Covey mengatakan bahwa ada beberapa cirri guru yang berfrinsif.
a). Terus belajar
Guru yang berprinsif menganggap hidup itu sebagai proses belajar yang tidak ada hentinya dalam mengembangkan pengetahuanya, seorang guru itu harus menyadari betapa besarnya lingkaran ketidak tahuanya seorang guru itu harus belajar juga dari pengalamanya ketika melaksanakan proses pengajaran ketika seorang guru menemukan kekeurangan pada dirinya sudah sewajarnya seorang guru mempelajari apa yang kurang pada dirinya.
b). berorientasi pada layanan.
Seorang guru yang berprinsif melihat kehidupan ini sebagai misi bukan hanya sebagai karir saja yang dikejar, dan ukuran keberhasilan seorang guru itu adalah bagai mana dia bisa melayani dan menyiasati siswanya secara optimal dan seorang guru itu tidak hanya saja memeiliki kemampuan intelektualnya saja tapi seorang guru juga harus mampu bertanggung jawab secara normal demi keberhasilan siswanya sehingga mencapai tujuan yang diharapkan.
c).memancarkan energi positif.
Seorang guru yang berprinsif itu harus mempercayai dan yakin terhadap siswa bahwa siswa itu mempunyai potensi yang belum tampak pada dirinya.
d). hidup seimbang
seorang guru yang berprinsip bukan guru yang stagnan melainkan terus belajar agar hidup bisa lebih seimbang sadar dan penuh pertimbangan dalam memutuskan suatu permasalah dan tidak berlebihan dalam arti bisa menguasai diri dan selalu bijak terhadap menilai siswa, disamping itu juga seorang guru yang berprinsif itu harus jujur terhadap diri sendiri maka seorang guru harus sudah terbiasa dan pandai memperbaiki diri dari kelemahan kelemahan yang ia miliki.
e). melihat hidup itu sebagai tantangan.
Seorang guru yang berprinsif itu bisa menikmati hidup jadi seorang guru itu harus mengangap bahwa hidup ini sesuatu yang baku dan siap menghadapi tantangan tantangan yang akan terjadi, kara rasa aman itu datangnya dari diri sendiri bukan dari orang lain sehinga seorang guru itu harus penuh dengan segala inisiatif,kreatif,dinamais dan cerdik pula.
f). berlatih untuk memperbaiki diri
seorang guru yang berprinsif dia secara teratur biasa melatih empat dimensi keperibadian dalam dirinya guru harus terus memperbaharui diri secara bertahap mulai dari segi fisik,mental,emosi,maupun sepiritualnya sehingga dapat memperbaharuai potensi dirinya,
pada akhirnya jika beberapa prinsip tersebut sudah melekat pada seorang guru maka proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan akan terjadi sehingga proses blajar akan terlaksana dengan baik dan tentunya akan mencapai tujuan yang diharapkan sebelumya.

(Sumber pikiran rakyat Edisi Hari Senin 17 November,2008)

Silahkan kunjungi pula di: http//purnama-smart.blogspot.com

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s